Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Multimedia untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh Tahun Ajaran 2019/2020

Heni Pratiwi, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Abstrak

Menyikapi kebutuhan pendidikan Abad 21, pemerintah melakukan penyempurnaan dalam sistem pendidikan nasional dengan memberlakukan Kurikulum 2013. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas empat. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata ketuntasan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 72,4%, siklus II 81,03%, dan siklus III 89,6%. Kendala dalam penelitian ini yaitu siswa belum berani mengajukan pertanyaan, adapun solusi dari kendala tersebut adalah guru memotivasi dan mendorong siswa agar berani untuk mengajukan pertanyaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangpoh tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: pendekatan saintifik, multimedia, pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.