Penggunaan Metode Make and Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 3 Paragharjo Tahun Ajaran 2015/2016

Lilik Sri Harwati

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Penggunaan model make and match dapat meningkatkan motivasi siswa kelas II SD N III Parangharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016 2) Penggunaan model make and match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD N III Parangharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Untuk mencapai tujuan tersebut,penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap - tahap : 1) perencanaan tindakan perbaikan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) analisis dan refleksi, 4) tindaklanjut. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi . Data hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Data hasil tes mengartikan lima Asmaul Husna dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indicator kinerja, yakni  1) Minimal nilai rerata 72) Minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 atau lebih sebagai batas tuntas. Penelitian  tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa rerata motivasi siswa pada kondisi awal 61,40%, siklus I 79,65%, dan pada siklus II menjadi 86,8%. Hasil Belajar pada kondisi awal rata rata 69,5, pada siklus 1 menjadi 73,5 dan pada siklus 11 menjadi 82. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan sebagaiberikut : 1) Penggunaan model Make and Match untuk meningkatkan motivasi siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri III Parangharjo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016, sebesar 7,15%. 2) Penggunaan model make and match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD N III Parangharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016, sebesar 17,0%

Keywords

Model Pembelajaran Make and Match, Motivasi dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.