Penerapan Model Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Perbandingan dan Skala

Nurul Istiqomah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala melalui penerapan model pemecahan masalah Polya pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sidoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis metode interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun rata-rata kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala pada prasiklus 55,93; siklus I 74,79; dan siklus II 84,38. Ketuntasan klasikal pada prasiklus sebanyak 4 peserta didik (26,67%), siklus I sebanyak 12 peserta didik (80%), siklus II sebanyak 15 peserta didik (100%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pemecahan Masalah Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah soal cerita perbandingan dan skala pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sidoharjo tahun pelajaran 2019/2020.

Keywords

Model Pemecahan Masalah Polya, menyelesaikan masalah soal cerita, perbandingan dan skala

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.