Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan dengan Model Permainan Bahasa pada Siswa Kelas 1 SDN 3 Tempuharjo Tahun Ajaran 2018/2019

Sutarno Sutarno

Abstract

Proses pembelajaran membaca permulaan pada kelas I semester 1 SD Negeri 3 Tempurharjo tahun pelajaran 2018/2019 masih jauh dari harapan. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat berdampak pada  rendahnya minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.Rendahnya minat belajar siswa berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Rata-rata hasil belajar KI-3 yang diperoleh siswa 58,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,84 % sedangkan  rata-rata hasil belajar KI-4 yang diperoleh siswa 57,7 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,84 %. Usaha pemecahan masalah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran Permainan Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Permainan Bahasa dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan pada kelas awal kelas I semester 1 SDN 3 Tempurharjo tahun pelajaran 2018/2019 dari cukup baik menjadi baik. Melalui Permainan Bahasa juga dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan pada siswa kelas I semester 1 SDN 3 Tempurharjo tahun pelajaran 2018/2019 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 13,1. Hasil belajar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan membaca permulaan juga meningkat setelah diberikan pembelajaran Permainan Bahasa pada siswa kelas I semester 1 SDN 2 Tempurharjo tahun pelajaran 2018/2019 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 15,4.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.