HUBUNGAN KEDISIPLINAN GURU DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2019/2020

Umi Roudoh, Suhartono Suhartono, Ratna Hidayah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan besarnya sumbangan antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Data dikumpulkan dengan cara penyebaran angket kepada 335 peserta didik kelas V. Analisis data dengan uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai korelasi sebesar 0,481 yang berarti kedua variable memiliki hubungan positif. Nilai sumbangan efektif variabel profesionalisme guru bersertifikasi terhadap hasil belajar yaitu 23,1% dan sisanya 76,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan guru dengan kedisiplinan belajar peserta didik kelas V di SD Negeri se- Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2019/2020.       

Kata kunci: kedisiplinan, kedisiplinan guru, kedisiplinan belajar peserta didik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.