Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 6 tentang Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kebulusan Tahun Ajaran 2018/2019

Wahyu Retnoningsih, Tri Saptuti Susiani, Muhamad Chamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya pada siswa kelas lima melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas lima di sekolah dasar negeri kebulusan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya pada siswa kelas lima sekolah dasar negeri 1 Kebulusan tahun ajaran 2018/2019.

 

Keywords

model inkuiri terbimbing dengan multimedia, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.