Penerapan Model Course Review Horay dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Wirun Tahun Ajaran 2018/2019

Septy Dewi Purwanti, Ngatman Ngatman, Ratna Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan melalui penerapan model Course Review Horay dengan media grafis. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Wirun yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horay dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Wirun tahun ajaran 2018/2019 yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I=64,71%, siklus II=79,41%, dan siklus III=89,71%

Keywords

Course Review Horay, media grafis, IPS, jenis pekerjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.