Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Model Murder pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kalijirek Tahun Ajaran 2017/2018

Diah Nur Cahya Wati, Suhartono Suhartono, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang meliputi, persiapan, tindakan, pengematan dan refleski. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model MURDER dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Persentase ketuntasan siklus I sebesar 55,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,7%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model MURDER dapat meningkatakan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalijirek tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

MURDER, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi dan Narasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.