The Application of The Quantum Teaching Model in Improving Mathematical Learning Motivation in Grade Iv Students of SD Negeri 2 Kertodeso in Academic Year 2018/2019

Susilailiy Rahmawati, Joharman Joharman, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pengajaran kuantum dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pengajaran kuantum. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaboratif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, kuesioner dan lembar studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pengajaran kuantum dilakukan oleh langkah-langkah berikut: (a) tumbuh, (b) mengalami, (c) penamaan, (d) menunjukkan, (e) mengulang, dan (f) merayakan. Penerapan model pengajaran kuantum dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas empat SDN 2 Kertodeso pada Tahun Akademik 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi rata-rata dan angket motivasi belajar matematika siswa pada setiap siklusnya. Motivasi observasi rata-rata belajar pada siklus pertama adalah 72,08%, pada siklus kedua adalah 85,83%, dan pada siklus ketiga, meningkat menjadi 90,00%. Kuesioner motivasi belajar rata-rata siswa pada siklus pertama adalah 74,50%, pada siklus kedua adalah 85,18%, dan pada siklus ketiga, meningkat menjadi 90,42%.

 

Keywords

pengajaran kuantum, motivasi belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.