Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Kertas Lipat dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Roworejo Tahun Ajaran 2017/2018

Aniqotul Khusna, Imam Suyanto, Joharman Joharman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas V SDN Roworejo. Penelitian terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamata dan refleksi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan.

 

Keywords

Inkuiri terbimbing, Kertas lipat, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.