Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Dengan Media Pop Up Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 3 Kalirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Shanty Wijayanti, Suhartono Suhartono, Imam Suyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up dan meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up pada siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdapat dua pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo dengan jumlah 26 siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dengan media Pop Up dapat meningkatakan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SD Negeri 3 Kalirejo tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

time token arends, pop up, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.