Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas IV SDN 3 Dorowati Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran bangun ruang melalui penerapan pendekatan RME dengan media konkret. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 83,33%, siklus II 89,58%, dan siklus III 91,67%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas IV SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.