PENERAPAN TEORI BRUNER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MADURETNO TAHUN AJARAN 2017/2018

Parasdya Titis Pramudita, Wahyudi Wahyudi, Joharman Joharman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan melalui penerapan Teori Bruner. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teori Bruner dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan. Hal ini terbukti dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I = 85,62%, siklus II = 89,41%, siklus III = 93,10%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Teori Bruner dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Maduretno tahun ajaran 2017/2018.

Keywords

Teori Bruner, pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.