HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN AMBAL TAHUN AJARAN 2019/2020

Umi Hanifah, Joharman Joharman, Suhartono Suhartono

Abstract

Hasil belajar IPS merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam pendidikan. Hasil belajar IPS setiap siswa pada umumnya berbeda. Hal tersebut karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah lingkungan keluarga. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS, (2) besar sumbangan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi bivariat. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah probability sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 0,05 dan mencari sumbangan variabel dengan rumus koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai p value 0,001 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,204. Sedangkan koefisien determinannya sebesar 4,16%. Berdasarkan uraian tersebut, bisa disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS, (2) sumbangan lingkungan keluarga terhadap hasilbelajar IPS yaitu 4,16% dan selebihnya 95,84% diberikan oleh faktor lain.

Kata kunci: belajar, keluarga, lingkungan

Full Text:

PDF

References

Abdurahman, M., Muhidin, S.A., dan Somantri, A. (2011). Dasar-dasar Metode Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kaukab, S. R. (2016). The Impact of Parent/Family Involvement on Student’ Learning Outcomes. International Journal of Research Granthalayah, 4 (10), 72-81.

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Safitri, R., Herpratiwi., dan Sugiyanto. (2017). Hubungan Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi FKIP UNILA, 5 (3), 1-9.

Sadulloh, U., Robandi, B., dan Muharam, A. (2006). Pedagogik. Bandung: UPI PressSamlawi, F dan Maftuh, B. (2001). Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana.

Samlawi, F dan Maftuh, B. (2001). Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur A. (2016). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tresnati, K.N. (2016). Skripsi Hubungan Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD di Gugus Kresna dan Shinta Kecamatan Semarang Barat. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.