Efektivitas Model Pembelajaran IEAC (Identification, Exploration, Application, Communication) Berbasis Etno-Commognitive pada Materi Transformasi Geometri di SMA Negeri 4 Pamekasan

Sri Agustina, Moh Zayyadi

Abstract

Pembelajaran matematika yang mengaitkan konsep dengan budaya lokal dapat menciptakan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IEAC (Identification, Exploration, Application, Communication) berbasis etno-commognitive terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design yang melibatkan kelas XI-E sebagai kelas kontrol dan kelas XI-D sebagai kelas eksperimen di SMA NegeriĀ  4 Pamekasan. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan angket respon yang dianalisis menggunakan N-Gain.hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori cukup efektif berdasarkan nilai N-Gain. Temuan ini menunjukkan bahwa model IEAC berbasis etno-commognitive.

Keywords

Model IEAC, etno-commognitive, hasil belajar, pembelajaran kontekstual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.