Pemanfaatan Biodiversitas Geopark Maros Pangkep sebagai Sumber Belajar Kontekstual pada Mata Kuliah di Jurusan Perjalanan Wisata
Abstract
Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya keterampilan interpretasi lapangan mahasiswa yang relevan dengan potensi lokal, khususnya dalam aktivitas birdwatching dan batwatching. Penelitian ini mengkaji kebutuhan Program Studi Perjalanan Wisata dalam memanfaatkan biodiversitas Geopark Maros Pangkep sebagai sumber belajar kontekstual pada mata kuliah terkait. Metode penelitian menggunakan wawancara mendalam dengan tiga pelaku industri perjalanan di kawasan Ramang-Ramang, serta analisis dokumen kurikulum program studi. Temuan utama menunjukkan adanya kesenjangan kompetensi pemandu wisata dan kebutuhan materi ajar yang lebih spesifik serta kontekstual. Selain itu, kolaborasi antara institusi pendidikan, pelaku industri, dan pemerintah dianggap krusial untuk mendukung pengembangan wisata edukatif berbasis biodiversitas. Kesimpulan penelitian menegaskan perlunya integrasi materi pembelajaran berbasis kondisi lokal dan peningkatan pelatihan teknis sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan serta mendorong keberlanjutan ekosistem wisata di Maros Pangkep.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.