Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Model Discrepancy Pada Tahap Perencanaan

Septia Rahmawati, Dyah Mustika Kusuma Winahyu, Awalya Siska Pratiwi

Abstract

Evaluasi dalam bimbingan dan konseling dibutuhkan untuk memperbaiki sebuah program yang kurang berhasil saat program dilaksanakan, evaluasi memberikan konselor sekolah arah pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan standar evaluasi yang telah dirancang oleh ASCA (American School Counselor Association) dengan perencanaan program khususnya pada standar foundation di lapangan. Subjek merupakan guru Bimbingan dan Konseling dari Padang dan Madura. Metode yang digunakan adalah evaluatif kualitatif menggunakan model Discrepancy Evaluation Method. Hasil penelitian menunjukan adanya fakta bahwa masih ditemukan ketidaksesuaian antara standar yang sudah ditetapkan oleh ASCA (American School Counselor Association) dengan program bimbingan dan konseling di sekolah. Kesimpulan, menunjukan bahwa pada tahap perencanaa program (foundation) bimbingan dan konseling di Padang dan Madura masih banyak yang belum mengikuti standar ASCA (American School Counselor Association).

Keywords

Evaluasi, Discrepancy, Planning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.