Analisis Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual (PhET Simulations) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP: Study Literature Review

Nilna Ulfia, Sri Wahyuni

Abstract

Studi ini menyoroti signifikansi inovasi pembelajaran yang didukung teknologi dalam memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan laboratorium virtual, khususnya PhET Simulations, terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui pendekatan tinjauan literatur. Metodologi yang diterapkan adalah tinjauan literatur sistematis, di mana 12 artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025 dikumpulkan dari Google Scholar. Basis data ini dipilih karena reputasinya dalam menyediakan akses ke publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian meliputi "dampak," "pemanfaatan lab virtual," "simulasi PhET," dan "hasil belajar IPA SMP." Temuan dari analisis literatur ini secara konsisten menunjukkan bahwa PhET Simulations memberikan kontribusi positif yang substansial terhadap peningkatan hasil belajar IPA, terutama dalam aspek pemahaman konseptual dan peningkatan motivasi belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual merupakan opsi yang sangat efektif dalam pengajaran IPA di jenjang SMP, memfasilitasi proses belajar yang lebih interaktif dan terintegrasi dengan teknologi.

Keywords

laboratorium virtual, PhET Simulations, hasil belajar, IPA, siswa SMP, studi literatur.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.