Analisis Strategi Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa SMP: Tinjauan Literatur Sistematis
Abstract
Perkembangan abad ke-21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, termasuk kreativitas ilmiah, sehingga strategi pembelajaran yang relevan dan inovatif sangat diperlukan untuk memfasilitasi pengembangan potensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis stretegi pembelajaran abad 21 yang efektif dalam meningkatkan kretivitas ilmiah melalui tinjauan literatur sistematis. Metode yang digunakan adalah telaah terhadap literatur ilmiah dari jurnal nasional dan internasional menggunakan kata kunci “scientific creativity”, “kreativitas ilmiah”, “strategi pembelajaran abad 21”, “keterampilan abad 21” dalam kurun waktu 2015-2025, dan pencarian menggunakan Google Scholar dan ERIC. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video, model pembelajaran VS-TM (Visualizing Scientific Thingking Model), pembelajaran berbasis STEM, model pembelajaran inquiri, Project-Based Learning (PjBL), Pembelajaran kreativitas kolaboratif (CCL), dan Pembelajaran model Creative Respon Sibility Based Learning (CRBL) merupakan strategi yang dominan yang efektif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi praktisi pendidikan dalam merancang pembelajaran yang adaptif terhadap tantangan era modern dan mendorong kreativitas ilmiah siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.