Studi Literatur: Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa IPA SMP
Abstract
Tingkat literasi sains siswa SMP di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebab utamanya adalah dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang mengaitkan konsep sains dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 10 artikel ilmiah terbitan 2016–2025 dianalisis berdasarkan kriteria tertentu. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan literasi sains secara signifikan, terutama dalam menjelaskan fenomena ilmiah, merancang eksperimen, serta menganalisis data. Selain itu, model ini juga mendorong partisipasi aktif siswa dan mengaitkan pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, model PjBL terbukti sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA berbasis literasi sains di tingkat SMP.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.