Studi Literatur: Analisis Penyebab Kurangnya Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang berkontribusi pada rendahnya Keterampilan Proses Sains (KPS) di kalangan siswa sekolah menengah pertama dalam konteks pendidikan sains. Dengan menerapkan metode analisis deskriptif, penelitian ini meninjau 11 artikel yang diterbitkan antara tahun 2018 dan 2025, yang bersumber dari Google Scholar, dengan fokus pada akar masalah dan implikasi dari KPS yang lemah. Temuan utama mengindikasikan tiga isu krusial: strategi pengajaran yang kurang efektif yang didominasi oleh metode ceramah, kurangnya pemahaman guru terhadap KPS, serta keterbatasan sumber daya belajar dan sistem evaluasi yang tidak memadai. Studi ini menekankan pentingnya mengadopsi pendekatan pedagogis inovatif seperti Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), pembelajaran berbasis proyek, dan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS. Selain itu, pelatihan guru yang lebih intensif dan penyesuaian kurikulum juga disarankan untuk mengintegrasikan KPS secara lebih efektif. Penelitian ini menggarisbawahi urgensi penanganan tantangan-tantangan ini guna meningkatkan kualitas pendidikan sains dan membekali siswa dengan kompetensi ilmiah esensial untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.