Strategi Pengelolaan Perpustakaan sebagai Upaya Pengembangan Minat Baca Peserta Didik di SD Negeri Bekonang 01

Mutiara Dana Elita

Abstract

Perpustakaan sebagai pusat penyedia informasi akan berfungsi optimal jika dikelola dengan baik dan didukung sistem pengelolaan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pengelolaan perpustakaan dalam upaya pengembangan minat baca peserta didik; (2) kendala sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik; serta (3) langkah-langkah yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan perpustakaan telah dilaksanakan secara terencana dan efektif; (2) terdapat beberapa hambatan dalam pengelolaan perpustakaan, antara lain keterbatasan koleksi bahan bacaan, penataan buku yang tidak sesuai dengan raknya, serta kondisi sebagian koleksi yang rusak; (3) untuk mengatasi hambatan tersebut, sekolah menerapkan sejumlah strategi, seperti penambahan koleksi bacaan setiap tahun, penataan ulang buku secara berkala, serta perbaikan terhadap fasilitas dan koleksi perpustakaan yang mengalami kerusakan. Secara keseluruhan, pengelolaan perpustakaan SD Negeri Bekonang 01 berjalan dengan baik. Pengunjung merasa nyaman memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat membaca dan belajar.

Keywords

Pengelolaan Perpustakaan; Minat Baca; SD Negeri Bekonang 01

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.