Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV di SD Negeri Pohsangit Kidul 1
Abstract
Penelitian ini berfokus pada banyaknya siswa yang kesulitan memahami materi dasar pelajaran IPAS hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang sering menggunakan ceramah, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan tidak aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif di kelas (2) sejauh mana media berbasis Canva dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPAS di kelas IV SDN Pohsangit Kidul I. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil observasi guru dan siswa serta angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dari 43,75% pada siklus I menjadi 90,62% pada siklus II. Terdapat beberapa kendala saat pembelajaran sehingga diperlukan tindakan dan perbaikan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Hal ini menyimpulkan bahwa media interaktif berbasis canva dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.