Kebijakan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Rachmat Setiawan, Nano Sukmana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kebutuhan akan metode pengajaran yang inovatif dan efektif. Studi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi penerapan AI dalam pendidikan SD. Metodologi penelitian ini yaitu Systematic Literature Review, dengan data yang dikumpulkan melalui kajian literatur review, dan wawancara di beberapa SD. Penelitian ini mempergunakan metode tinjauan literatur dengan pendekatan naratif, memanfaatkan berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, dokumen resmi, dan buku. Data dikumpulkan melalui pencarian kata kunci spesifik di basis data akademik, kemudian disintesis secara deskriptif dan analitis. Hasilnya memperlihatkan jika penggunaan AI dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Pembahasan dalam studi ini menguraikan keuntungan dan tantangan penerapan AI dalam pendidikan dasar. Salah satu temuan utama adalah bahwa AI memfasilitasi pembelajaran yang dipersonalisasi dengan memberikan umpan balik yang disesuaikan dan materi pembelajaran adaptif berdasarkan kebutuhan siswa secara individu. Selain itu, AI membantu mengidentifikasi kesenjangan pembelajaran dan menawarkan perbaikan segera. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya infrastruktur dan pelatihan guru yang tepat untuk integrasi AI yang sukses. Kesimpulannya adalah bahwa AI mempunyai potensi yang signifikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di SD dengan membuat pembelajaran lebih interaktif dan mudah diakses. Penelitian di masa mendatang harus berfokus pada pengembangan model AI yang lebih canggih.

Keywords

Kecerdasan Buatan, Pembelajaran, Sekolah Dasar, Inovasi, Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.