Penerapan Model PBL Terintegrasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Anindya Zulfatin Nihayah, Fina Fakhriyah, Nurul Fathonah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD NU Nawa Kartika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD NU Nawa kartika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan data hasil pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKTP ≥ 70) untuk menilai peningkatan kemampuan literasi membaca dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar, keterampilan mengajar guru, kemampuan literasi membaca dan hasil belajar siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari 45% saat pra siklus menjadi 97% pada siklus 2. Kemampuan literasi membaca juga mengalami peningkatan pada ketiga indikator dari pra siklus hingga siklus 2. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi model PBL dan pendekatan CRT terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi membaca dan hasil belajar siswa.  

Keywords

Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Kemampuan Literasi Membaca, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.