Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Berbagai Aturan Di Keluargaku Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Wiroborang 1
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan pemahaman siswa yang disebabkan metode ceramah yang monoton serta minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis Canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Wiroborang 1. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: (1) Analisis permasalahan dan kebutuhan siswa; (2) Desain, berupa perancangan storyboard; (3) Pengembangan produk menggunakan aplikasi Canva; (4) Implementasi melalui uji coba pada siswa dan (5) Evaluasi berdasarkan umpan balik validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva mendapatkan skor 89,58% dari ahli media, 83,33% dari ahli materi, dan 97,61% dari guru kelas, yang semuanya masuk dalam kategori sangat layak. Angket respon siswa mendapatkan skor 93,91%, menunjukkan bahwa media ini sangat efektif digunakan. Uji coba kepada siswa menunjukkan peningkatan pemahaman materi, dengan nilai rata-rata pretest 76,95 dan posttest 94,78. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis Canva efektif meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.