Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Permainan Detektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Aulia Nurunnahar, Erik Aditia Ismaya, Redjeki Handayani, Mazidatul Khoir

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan. Penelitian dilaksanakan pada Maret 2025 dengan tema 5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 1 Jati Wetan yang berjumlah 18 kelas IV (10 perempuan,8 laki-laki). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dengan validasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dengan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 33,33%  dengan nilai tertinggi 84, pada siklus II nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 78,22% dengan nilai tertinggi 100. Dalam kesimpulan, model TGT berbantuan permainan detektif memiliki pontensi besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

Keywords

Hasil Belajar IPAS, Permainan Detektif, Teams Games Tournament.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.