Implementation of Project Method in Social Studies Learning: A Systematic Literature Review

Dwi Mahmud Rizki Riyanto, Sekar Purbarini Kawuryan, Anwar Senen

Abstract

Salah satu alternatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran abad ke-21 mengacu teori project method adalah model pembelajaran project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait implementasi project based learning dalam pembelajaran IPS di SD. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview seluruh artikel terkait dengan implementasi project based learning dalam pembelajaran IPS di SD yang diterbitkan tahun 2017 – 2025 dan dipublikasikan di jurnal terindeks scopus Q1 atau Q2. Artikel yang digunakan dalam penelitian ditemukan dan setelah diseleksi yang memenuhi kriteria untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan PjBL terbukti efektif dalam pembelajaran IPS SD, meningkatkan keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Implementasinya membutuhkan pelatihan guru, desain proyek kontekstual, dan dukungan teknologi. Simpulan penelitian ini PjBL dapat digunakan dalam pembelajaran abad ke-21 dengan prioritas utama dukungan teknologi dalam penerapannya. 

Keywords

implementasi, project based learning, IPS SD, tinjauan pustaka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.