Integrasi Pelajar Pancasila Bernalar Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Naila Ridho Putri, Muhammad Fauzan Muttaqin, Feny Nida Fitriyani

Abstract

Penguatan Profil Pelajar Pancasila, khususnya aspek bernalar kritis, ialah hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan bernalar kritis siswa terintegrasi dalam pembelajaran IPAS kelas 6 di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang mencakup observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap guru, siswa, dan kepala sekolah di SDN Cipondoh Makmur, Tangerang. Hasil penelitian menyatakan bahwa integrasi P5 di SDN Cipondoh Makmur memberikan dampak positif dalam mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran IPAS, yang didukung oleh metode pembelajaran aktif, penggunaan sumber belajar digital, dan peran guru sebagai fasilitator. Pendekatan ini selaras dengan nilai-nilai dalam Profil Pelajar Pancasila.

Keywords

Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, IPAS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.