The Effectiveness of Quiz through WordWall Media toward Students’ Vocabulary Mastery
Abstract
Metode pembelajaran kosakata tradisional sering kali gagal melibatkan siswa dan mendukung retensi jangka panjang. Oleh karena itu, pendidik memerlukan pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis teknologi. Penelitian kuasi-eksperimen ini mengkaji seberapa efektif media kuis berbasis WordWall dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII di MTS Al-Isro Batealit Jepara. Para peneliti membagi siswa menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media WordWall dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk dianalisis menggunakan uji-t sampel berpasangan dan uji-t dua sampel independen untuk mengukur perbedaan dalam dan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor N-gain sebesar 75,16%, dibandingkan dengan 56,95% pada kelompok kontrol. Analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (Sig. = 0,000), menyoroti efektivitas media digital interaktif dibandingkan metode tradisional. Temuan ini menegaskan potensi WordWall sangat transformatif dalam menciptakan pengalaman belajar dinamis dan menarik. Namun demikian, akses terhadap teknologi dan perlunya penelitian lebih lanjut di berbagai konteks pendidikan tetap menjadi hal penting yang perlu diperhatikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.