Regulasi Emosi pada Siswa Korban Bullying melalui Pendekatan REBT

Fitria Febriani, Muhammad Asrori, Amalia Putri

Abstract

Kemampuan regulasi emosi yang dimiliki korban bullying mempengaruhi respon dan hubungan sosial individu. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh regulasi emosi korban bullying melalui pendekatan REBT.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui bentuk penelitian studi kasus, subjek kasus merupakan peserta didik yang merupakan korban bullying. Berdasarkan tahapan penelitian studi kasus yang berupa identifikasi kasus, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi, dan tindak lanjut dapat diperoleh gambaran permasalahan, respon dan hasil yang berbeda pada kedua subjek kasus. Penerapan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) membantu subjek kasus dalam melatih keterampilan atau strategi baru untuk menghadapi situasi bullying dengan cara penilaian ulang melalui sudut pandang yang berbeda. Melalui pendekatan REBT terdapat perubahan pola pikir subjek kasus dari negatif menjadi lebih positif, namun hasil ini harus terus diawasi oleh pihak sekolah dan lingkungan masyarakat hingga subjek kasus menjadi mandiri dalam mengelola emosi.

Keywords

Regulasi Emosi, Korban Bullying, Rational Emotive Behavior Therapy

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.