Action Learning: Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SD terhadap Pembelajaran IPAS menggunakan Video Animasi melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP)

Ella Anggun Ferdiansyah, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Pembelajaran sains yang efektif dapat membangun keterampilan dan pengembangan sumber daya manusia. Model pembelajaran Scientific Reading Based Project (SRBP) menekankan pada literasi sains dalam pengumpulan informasi untuk menghasilkan suatu hasil proyek, sementara video animasi menjadi media dalam menyajikan materi abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran IPAS menggunakan video animasi melalui model SRBP. Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan guru dan responden 20 siswa kelas V SDN 2 Kalirejo yang dilakukan selama tiga siklus pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, tes evaluasi, dan angket. Hasil penelitian observasi dan tes evaluasi keterampilan proses sains siswa dari siklus I-III yaitu 77,64%, 83,54%, dan 88,68%, dan 75,50%, 80,39%, dan 86,48%. Respon siswa dari siklus I-III yaitu 76,2%, 84,5%, dan 90,7%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa video animasi melalui model SRBP efektif meningkatkan keterlibatan siswa, membuat pembelajaran lebih menyenangkan, meningkatkan motivasi dan sikap positif, seperti saat mengamati video animasi, melaksanakan proyek, membaca bacaan ilmiah, dan  lebih mudah mengingat konsep melalui lagu pembelajaran. Dengan demikian, video animasi melalui model SRBP terbukti mendapatkan respon positif terhadap pembelajaran IPAS.  

Keywords

Scientific Reading Based Project (SRBP), Respon Siswa, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.