Hubungan Jenis Pola Asuh Dengan Status Gizi Pada Bayi Usia 6-12 Bulan

Ariza Putri Uniq Pratiwi, Bhisma Murti, Achmad Arman Subijanto

Sari

Latar Belakang : Gizi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Gizi buruk pada usia dini akan memberi dampak gangguan pada status gizi dan meningkatkan kesakitan, penurunan produktifitas serta kematian. Sehingga perlu diperhatikan dalam status gizi, baik dengan cara memberikan makanan bergizi seimbang yang sangat penting untuk status gizi yang optimal. Status gizi juga dapat dipengaruhi oleh praktek pola asuh gizi yang diwujudkan dengan tersedianya pangan dan perawatan kesehatan serta sumber lainnya untuk kelangsungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya hubungan jenis pola asuh terhadap status gizi pada bayi usia 6-12 bulan.           

Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan croos sectional. Subjek penelitian adalah bayi usia 6-12 bulan dan ibu bayi yang memeriksakan bayinya di Wilayah Kerja Puskesmas Badegan Kabupaten Ponorogo. Sebanyak 70 subjek penelitian yang dipilih dengan menggunakan metode exhaustive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara langsung dan pengisian angket. Data dianalisis dengan analisis regresi logistik ganda dan diolah dengan SPSS 17.0 for Windows.

Hasil Penelitian : Penelitian ini menunjukkan hasil, terdapat pengaruh pola asuh yang demokratis (OR=1,42; CI 95% 0,48 sd 4,24; p=0,531), terhadap status gizi bayi usia 6-12 bulan, walaupun secara statistik tidak signifikan.

Kesimpulan Penelitian : Terdapat pengaruh walaupun secara statistik tidak signifikan antara pola asuh yang demokratis terhadap status gizi pada bayi usia 6-12 bulan. Kesimpulan ini diperoleh setelah mengontrol pengaruh  pendapatan keluarga.

 

Kata kunci : Jenis Pola Asuh, Status Gizi Pada Bayi Usia 6-12 Bulan.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.