Hubungan Kecerdasan Emosional dan Status Anemia terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat III Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri

Puguh Santoso, Muchamad Syamsulhadi, Brian Wasita

Sari

Latar Belakang : Pencapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami individu. Salah satu faktor internal yang memiliki hubungan dengan prestasi belajar adalah kecerdasan emosi, kondisi fisik yang mengganggu kemampuan belajar, dan anemia. Tujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosional dan status anemia terhadap prestasi belajar mahasiswa Tingkat III Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tingkat III Tahun 2013/2014 Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri yang terdiri dari 2 kelas. Melalui teknik Simple Random Sampling diperoleh subjek berjumlah 91 orang. Metode untuk memperoleh datak ecerdasan emosional dengan kuesioner, kadar Hb menggunakan cyanmethemoglobin dan prestasi belajar menggunakan studi dokumentasi. Data di analisis dengan uji bivariat menggunakan regresi linier sederhana, serta multivariat menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 5%).

Hasil : Kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Tingkat III  Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri (p = 0,000). Status anemia tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Tingkat III  Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri (p = 0,104). Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan status anemia secara bersama - sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Tingkat III  Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri (p = 0,000). 

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan status anemia secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Tingkat III  Akademi Keperawatan Dharma Husada di Kediri. Sumbangan kecerdasan emosional dan status anemia terhadap prestasi belajar adalah 20%, dengan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 17,1% dan status anemia sebesar 2,9%, sedangkan 80%  berhubungan dengan  faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci :  Kecerdasan Emosional, Status Anemia,  Prestasi Belajar

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.