Karakteristik Aktivitas Perdagangan dan Jasa sebagai Aktivitas Pendukung Perguruan Tinggi: Studi Kasus Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Laweyan
Abstract
Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo memiliki arahan pengembangan pendidikan serta perdagangan dan jasa berdasarkan RTRW Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011-2031. Pengembangan pendidikan dapat ditinjau dari keberadaan kawasan pendidikan Desa Gonilan, Desa Pabelan, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, sertaKelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kartasura dimanaterdapat dua perguruan tinggi di dalamnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui perkembangan aktivitas perdagangan dan jasa di kawasan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan perkembangan aktivitas pendidikan memberikan peluang peningkatan perekonomian dan perubahan lahan nonterbangun menjadi terbangun. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deduktif dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif spasial untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan yang terjadi serta deskriptif statistik untuk mengetahui persentase peningkatan aktivitas sejak tahun 2011. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data primer melalui observasi dan kuesioner kepada pelaku usaha, serta data sekunder melalui dokumen dan citra satelit. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa aktivitas perguruan tinggi berperan penting dalam perkembangan aktivitas perdagangan dan jasa selama 2011-2022. Peningkatan jumlah mahasiswa sebesar 29% berpengaruh terhadap persebaran dan luas sarana perguruan tinggi sebesar 42%. Aktivitas perguruan tinggi memberikan peluang peningkatan perekonomian 45% yang sebagian besar dimanfaatkan masyarakat sekitar. Perkembangan aktivitas perguruan tinggi dan peluang perekonomian pada kawasan berdampak terhadap peningkatan luas sarana perdagangan dan jasa sebesar 52%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrews, M. (2020). Historical Appendix: How Do Institutions of Higher Education Affect Local Invention? Evidence from the Establishment of U.S. Colleges. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3072565
Anggarini, R., Priyambada, I. B., & Samadikun, B. P. (2016). Perencanaan Pemindahan dan Pengangkutan Sampah Kampus Universitas Diponegoro Tembalang Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan, 5 (1).
Arifia, D., Soedwiwahjono, & Utomo, R. P. (2017). Pengaruh Perkembangan Kegiatan Perdagangan dan Jasa terhadap Perubahan Penggunaan Lahan di Kawasan Solo Baru. Arsitektura, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.20961/arst.v15i1.11378
Bafdal, N., Amaru, K., & Pareira, B. M. (2011). Buku Ajar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Jurusan Teknik Manajemen Industri Pertanian FTIP UNPAD.
Handayani, A. & Gayo, A. (2011). Identifikasi Keterkaitan Perkembangan Universitas Diponegoro terhadap Alih Fungsi Rumah di Kawasan Pendidikan Tinggi Tembalang. Thesis. Universitas Diponegoro.
Jayadinata, J. T. (1992). Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Pedesaan Perkotaan dan Wilayah. Bandung: ITB Press.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 20/PRT/M/2011 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kabupaten/Kota.
Ningsih, T. R. (2017). Pengaruh Keberadaan Kampus terhadap Perubahan Fisik Kawasan di Sekitarnya (Studi Kasus: Kawasan Babarsari, Kecamatan Depok, Yogyakarta). Jurnal Pengembangan Kota, 5(2), 159–165. https://doi.org/10.14710/jpk.5.2.159-165
Omollo, W. O. (2022). Planning Implication of Universities Growth on Land Use: Confirmatory Evidence From GIS Spatial Analysis. International Journal of Human Capital in Urban Management, 7(2), 183–204. https://doi.org/10.22034/IJHCUM.2022.02.04
Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. (2020). Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Kartasura Tahun 2020-2039.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.
Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Priambudi, B. N., & Pigawati, B. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Pemanfaatan Lahan dan Sosial Ekonomi di Sekitar Apartemen Mutiara Garden. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 3(4), 576–584.
Rahman, M. B. (2016). Karakteristik Pola Penghasilan Penyedia Barang dan Jasa di Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor. Tata Loka, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/tataloka.18.1.1-11
Rahmatiani, V., & Kameswara, B. (2021). Tingkat Walkability dan Kepuasan Pejalan Kaki di Kawasan Pendidikan Jatinangor dan Kawasan Perdagangan Sudirman. Tata Loka, 23(3), 438–451. https://doi.org/10.14710/tataloka.23.3.438-451
Ramadhoni, K., & Rudiarto, I. (2014). Pengaruh Eksistensi Kawasan Pendidikan UNNES terhadap Perkembangan Guna dan Harga Lahan di Sekaran, Kota Semarang. Teknik PWK, 3(4), 585–595.
Setiawan, I. R., Muta’ali, L., & Sudrajat. (2019). Analisis Pola Persebaran Lokasi Perdagangan dan Jasa di Kota Tebing Tinggi. Media Komunikasi Geografi, 20(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/mkg.v20i1.17340
Setyaningsih, R., & Pradoto, W. (2015). Pola Perkembangan dan Faktor Penentu Guna Lahan di Kecamatan Beji, Kota Depok. Jurnal Teknik PWK, 4(1), 78–92.
Shih, K. (2016). The Impact of International Students on US Graduate Education. SSRN. https://doi.org/10.2139/ssrn.2832996
Sinurat, F. G. (2015). Perubahan Fungsi Bangunan di Koridor Jalan Sirajudin-Banjarsari akibat Keberadaan Kawasan Pendidikan di Kelurahan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Ruang 1(4), 281. https://doi.org/10.14710/ruang.1.4.281-290
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistiawan, U. H., & Dewi, S. P. (2014). Pengaruh Kawasan Pendidikan Tinggi Undip Terhadap Perkembangan Aktivitas Perdagangan dan Jasa di Koridor Jalan Banjarsari Selatan-Mulawarman Raya Kecamatan Tembalang. Ruang: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 2(1), 311–320.
Tae, D. T. (2019). Pengaruh Keberadaan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang terhadap Ekonomi di Kawasan Sekitarnya (Studi Kasus : Universitas Negeri, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri, dan Politeknik Negeri). ITN Malang.
Valero, A., & Reenen, J. Van. (2019). The Economic Impact of Universities: Evidence From Across The Globe. Economics of Education Review, 68, 53–67. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2018.09.001
Widjajanti, R. (2012). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Ruang Kota (Studi Kasus: Kawasan Pendidikan Tembalang, Kota Semarang). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 412–424. https://doi.org/10.14710/pwk.v8i4.6498
Refbacks
- There are currently no refbacks.