Pemanfaatan Web Service Moodle Berbasis REST-JSON untuk Membangun Moodle Online Learning Extension berbasis Android

Abdul Aziz, Wiharto ,, Bayu Wicaksana

Abstract

Moodle adalah salah satu Learning Management System yang telah memiliki fasilitas komunikasi sistem ke sistem menggunakan web service. Dalam sistemnya, Moodle menyediakan fitur “Enablewebservice for mobile device”, yang mana berfungsi untuk membuat servisnya dapat diakses menggunakan perangkat bergerak. Karena basis dari servis ini adalah sistem ke sistem, sehingga perlu diadakan penyesuaian fungsi web service yang akan digunakan untuk diimplementasikan pada perangkat bergerak.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana fungsi dari web service dari Moodle tersebut bisa dimanfaatkan secara lebih lanjut. Proses ini dimulai dari memperbaiki hak akses dari beberapa fungsi, kemudian pemilihan fungsi untuk akses secara mobile, hingga perancangan aplikasi yang akan mengakses fungsi dari web service tersebut. Dengan menggunakan  Engine REST yang berformat data JSON akan di kembangkan sebuah prototipe aplikasi Android dengan melakukan parsing terhadap respons REST yang berupa JSON dan kemudian menampilkannya ke dalam  sebuah tampilan antarmukapada perangkat Android yang mudah digunakan, sehingga dapat membuat pengalaman menggunakan Moodle dengan cara yang berbeda.

Sekitar 23% fungsi dapat digunakan pada perangkat bergerak setelah disesuaikan hak aksesnya, yaitu sekitar 9 dari 23 butir fungsi. Kemudian pengujian web service dari sisi client membutuhkan waktu rata-rata 557ms pada server lokal, sedangkan untuk server hosting membutuhkan waktu rata-rata 2438ms. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe aplikasi berbasis Android yang mengakses Moodle dengan menggunakan protokol web service REST-JSON.Dengan menggunakan respons sebagai parameter fungsi pada web service, pengalaman pengguna (userexperience) akan sedikit berbeda dari pada mengakses Moodle menggunakan web browser. Akan tetapi, hal ini lebih mudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi penting yang dibutuhkan.

Keywords

Android, JSON, Moodle, REST, Web Service

Refbacks

  • There are currently no refbacks.