Digital Watermarking Image dengan Menggunakan Discrete Wavelet Transform dan Singular Value Decomposition (DWT-SVD) untuk Copyright Labeling

Nur Anisah, Bambang Harjito, Esti Suryani

Abstract

Penyebaran konten digital yang begitu mudah membuat pemberian identitas pada konten digital menjadi sangat penting. Konten digital yang tidak beridentitas membuatnya mudah diklaim oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Watermarking merupakan salah satu cara pemberian watermark yang mudah dan tanpa merusak konten yang disisipi.

Teknik watermarking pada image digital dilakukan dengan mentransformasikan image  dengan transformasi domain frekuensi Discrete Wavelet Tranform (DWT). Pengolahan image input seperti cover medium dan watermark sebelumnya diperlukan agar cover medium dapat disisipi. Pada makalah ini, DWT dipadukan dengan faktorisasi matrik Singular Value Decomposition (SVD) untuk Copyright Labeling yang bertujuan agar hasil watermarking lebih robust.

Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik watermarking dengan DWT-SVD mampu menghasilkan watermark yang tahan terhadap beberapa serangan seperti Gaussian Noise, Salt & Pepper Noise, dan Poisson Noise tetapi tidak tahan terhadap serangan bluring dan geometrical attacks (rotation dan cropping).

Keywords

Image Digital, Discrete Wavelet Transform, Singular Value Decomposition, Watermarking

Refbacks

  • There are currently no refbacks.