PENGEMBANGAN SISTEM ANALISIS AKADEMIS MENGGUNAKAN OLAP DAN DATA CLUSTERING STUDI KASUS : AKADEMIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Bakharudin Yusuf Bakhtiar, Antonius Bima Murti Wijaya, Hasan Dwi Cahyono

Abstract

Tingkat keberhasilan universitas dapat dilihat dari kulitas lulusannya. Salah satu cara meningkatkan keberhasilan tersebut adalah dengan melengkapi dan memanfaatkan sistem informasi. Universitas Sebelas Maret merupakan universitas yang memanfaatkan  sistem informasi secara departemental karena beberapa dibangun dengan menggunakan framework dan database yang berbeda. Dimana hal ini akan menyulitkan civitas akademik dalam mengolah data dan menganalisis data-data tersebut. Aplikasi Pengembangan Sistem Analisis Akademis Menggunakan OLAP dan Data Clustering ini  menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut sekaligus membantu menganalisis data-data. Proses pembuatan aplikasi ini meliputi perancangan data warehouse, pengambilan data akademik dari sumber data, proses extraction, transformation, loading (ETL), pembuatan cube, pembuatan laporan, dan pengelompokkan data menggunakan K-means clustering.

Penelitian ini berhasil mengembangkan sistem OLAP dan clustering untuk memenuhi fungsionalitas sistem yaitu sistem dapat melakukan drill up dan drill down untuk membantu merekap data jumlah mahasiswa, jumlah calon mahasiswa baru, jumlah lulusan, mencari nilai maksimum, minimum, rata-rata dan presentase profil ipk lulusan, mencari nilai maksimum, minimum, rata-rata dan presentase profil lama studi lulusan, beban sks dosen, presentase pemakaian ruang dari berbagai dimensi.

Keywords

OLAP, K-means, Clustering, ETL, Data warehouse

Refbacks

  • There are currently no refbacks.