Standarisasi Publikasi Luaran dan Pengelolaan Sosial Media Mahasiswa KKN Guna Penguatan Reputasi Perguruan Tinggi
Abstract
Program Kuliah Kerja Nyata sebagai salah satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bentuk komitmen UNS untuk terus menjadi Perguruan Tinggi yang berperan dan berkontribusi pada pembangunan sosial masyarakat bagi kemajuan bangsa. Sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum UNS semakin mengedepankan kolaborasi baik dengan masyarakat dan mitra lain baik negeri maupun swasta. Kolaborasi bersama masyarakat dalam kegiatan KKN menjadi aset peran UNS pada kepedulian terhadap pembangunan daerah baik secara humanis maupun infrastruktur. Publikasi yang dilakukan mahasiswa KKN di sosial media selama program KKN serta luaran yang dipublikasikan pada portal berita dan juga channel Youtube tentu memperkaya karya konten akademis sivitas akademika UNS di media. Hal ini tentunya mejadikan penguatan reputasi dan citra UNS di mata publik dan dapat meningkatkan pengakuan UNS sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum yang semakin inovatif. Riset ini bertujuan untuk memformulasikan serta merumuskan kompetensi karya konten kreatif yang dibutuhkan oleh mahasiswa KKN dalam mengelola dan mempublikasikan luaran kegiatan KKN agar terstandarisasi dan dapat memperkuat citra UNS. Dengan melakukan observasi, analisis sosial media Kelompok KKN, merumuskan, dan sosialisasi berupa workshop diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kompetensi mahasiswa KKN dan juga peningkatan citra UNS.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku Creswell, J. W. (2010). Research Design (Pedekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Pustaka Pelajar. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pub. L. No. 14 (2008). Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Tentang Penyelenggaraan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pub. L. No. 491/UN27/PP/2011, Phys. Rev. E (2011). Kuswari, E. (2020). The Main Elements Of Brand Communication Strategy. Tdc-Indonesia.Com. https://www.tdc-indonesia.com/blog/read/the-main-elements-of-brand-communication-strategy Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif (A. Rahim (Ed.)). LKiS Yogyakarta. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum Universitas Sebelas Maret, Pub. L. No. 56 (2020). Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2019). Marketing: Real People, Real Choices (10th ed.). Pearson. Stanton, N. (2009). Mastering Communication: Palgrave Macmillan. Palgrave Macmillan. Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. In Case Study Research and Applications"Design and Methods. Jurnal Amriel, E. E. Y., & Ariescy, R. R. (2021). Analisa Engagement Rate di Instagram : Fenomena Like Dan Komentar. Media Manajemen Jasa, 2(1), 1–5. Arifin, M. S. (2021). Strategi Komunikasi Branding Perguruan Tinggi. Al-Ibrah, 6(1), 70–102. http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf Chudzaifah, I., Hikmah, A. N., & Pramudiani, A. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Al-Khidmah, 1(1), 79–91. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=tridharma+perguruan+tinggi&oq=tridharma+#d=gs_qabs&u=%23p%3DKUWIsrfye4MJ Farid, M., Farhah, E., & Budaya, K. (2021). Pemanfaatan Algoritma Instagram dalam Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus di @KampungbudayaPijiWetan). Cakra Wisata, 22(2), 1–8. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/50407 Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Journal Acta Diurna, 16(2), 113–136. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.2865 Gunawan, I. P., & Vanel, Z. (2020). Strategi Integrated Marketing Communication Dalam Memperkuat Positioning The Park Mall Solo Baru. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 1(1), 51. https://doi.org/10.20961/impresi.v1i1.41348 Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649 Kusumah, E. P., & Yusuf, S. (2020). Perspektif Mahasiswa terhadap Kualitas “Branding” Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 24–33. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30132 Munir, M., & Ma’sum, T. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). Seibel, B. (2019). Insta Identity: The Construction of Identity Through Instagram and Extended Literature Review. Portland State University, 1-26. Stollfub, S. (2020). Communitainment on Instagram: Fitness Content and Community-Driven Communication as a Social Media Entertainment. SAGE Open, 1-12. Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036 Soviana, A., Fajrilianti, H. A., Puspitarini, N., Syaferi, N. F., Oka, I., & Mardiyani, N. L. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Instagram @ bemsvundip _ Terhadap Tingkat Penerimaan Informasi di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Jurnal Impresi, 2(2), 128–141. Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915 Witjaksono, A. A., Hanika, I. M., & Pratiwi, S. I. (2021). Fenomena Cyberbullying pada Mahasiswa di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 15. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.53136 Website https://meson-digital.com/blog/engagement-rate-adalah/
Refbacks
- There are currently no refbacks.