Efektivitas Pelaksanaan Pekerjaan Box Girder Metode Konstruksi Cast in Situ dan Precast Pada Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section Station Halim
Abstract
Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang siap bersaing dengan negara lain di ASEAN. Proyek ini merupakan proyek dengan metode knstruksi cast in situ pertama kali dalam proses pelaksanaan instalasi box girder karena keterbatasan lahan yang ada. Metode pelaksanaan ini berpengaruh terhadap biaya, waktu, dan mutu box girder. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan selisih biaya, waktu, dan mutu pelaksanaan pekerjaan box girder metode konstruksi cast in situ dan precast pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan analisis naratif deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah kontraktor pelaksana meliputi deputi manajer proyek, pelaksana proyek, dan pengawas proyek. Hasil dari analisis data yang ditemukan bahwa pelaksanaan pekerjaan box girder metode konstruksi precast lebih efektif digunakan karena dalam segi waktu metode precast membutuhkan 3 hari untuk mendapatkan satu span box girder dan dengan mutu yang lebih baik dari metode cast in situ, namun metode konstruksi cast in situ tetap dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang tersedia. Dari segi biaya, metode precast lebih mahal dari metode cast in situ karena terdapat selisih biaya pelaksanaan pekerjaan dengan persentase 14% dibandingkan dengan metode cast in situ.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asiyanto. (2005). Construction Project Cost Management (Cetakan Ke). Pradnya Paramita
Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi. Andi.
Ervianto, W. I. (2006). Eksplorasi Teknologi dalam Proyek Konstruksi; Beton Pracetak dan Bekisting. Eksplorasi Teknologi Dalam Proyek Konstruksi; Beton Pracetak Dan Bekisting, 109.
Hidayat. (1986). Konsep Dasar dan Pengertian Produktivitas Serta Interprestasi Hasil.
Iin. (2021). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Situasional Dalam Rangka Pelaksanaan Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kecamatan Medan Timur.
http://repository.umsu.ac.id/bitstream/1 23456789/15654/1/SKRIPSI IIN NPM. 1703100003 1234.pdf
International Union of Railways. (2012). General Definitions of Highspeed. https://uic.org/passenger/highspeed/#All iance-of-Universities-for-High-Speed- Rail
Nurmaidah, N., & Cristiani, R. (2019). Analisa Pekerjaan Dinding Beton Pracetak Pada Proyek Podomoro City Deli Medan. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 10(1). https://doi.org/10.30811/portal.v10i1.97 0
Project Team WIKA. (2019). JAKARTA -
BANDUNG Master Construction Program Bored Pile, Pile Cap, Pier, Box Girder Work of 1# Bridge, Subgrade 1 and Subgrade 2 (DAK
+803.69 - DK 4+778.58). PT.KCIC. (n.d.). KERETA CEPAT
INDONESIA CHINA.
Purba, A., & Purba, J. T. (2020). Jakarta- Bandung High-Speed rail transportation project: Facts and challenges. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 918(1). https://doi.org/10.1088/1757- 899X/918/1/012034
Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) (Jilid 1). Erlangga.
Tandiono, R. (2018). Analisa Perbandingan Biaya Dan Waktu Pekerjaan Struktur Pelat Lantai Dengan Metode Konvensional Dan Half Slabpada Proyek Pembangunan Gedung Manhattan Medan. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.
Trisnowardono, N. (2002). Menuju Usaha Jasa Konstruksi yang Handal. Abdi Tandur.
Wirartha, I. M. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. In Andi.
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v10i1.94391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.