Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Struktur Beton II Menggunakan Program SAP2000 Versi 22.0

Herlina Nindi Eli Saputri, Rima Sri Agustin, Eko Supri Murtiono

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan media video tutorial pada mata kuliah Struktur Beton II menggunakan program SAP2000 versi 22.0 ini bertujuan untuk mengembangkan produk dan mengetahui tingkat kelayakan media video tutorial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk data kuantitatif dari hasil survei dan hasil validasi ahli, serta analisis interaktif dan analisis isi untuk data kualitatif dari hasil wawancara, hasil observasi, dan sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan video tutorial berdasarkan aspek validitas, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan menunjukkan hasil yang sangat baik. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 90,2% yang masuk kategori sangat layak. Ahli media memperoleh presentase sebesar 83,3% yang masuk kategori sangat layak. Aspek kepraktisan dinilai dari respon mahasiswa partisipan yang memperoleh presentase sebesar 89% dan didukung data hasil wawancara. Aspek keefektifan dinilai dari data hasil wawancara yang mengatakan bahwa video tutorial menarik dan membantu mahasiswa dalam belajar. Aspek keefektifan didukung data kuesioner yang menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa mengalami kenaikan. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial pada mata kuliah Struktur Beton II menggunakan program SAP2000 versi 22.0 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar. 

Abstract: Research on the development of video tutorial media in the Concrete Structures II course using the SAP2000 version 22.0 program aims to develop products and determine the feasibility level of video tutorial media. This research is a development research or Research and Development (R&D) with the ADDIE development model, which consists of 5 stages; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data analysis in this study used quantitative descriptive analysis for quantitative data from survey results and expert validation results, as well as interactive analysis and content analysis for qualitative data from interviews, observation results, and literature sources. The results of the study show that the feasibility level of video tutorials based on aspects of validity, practicality, and effectiveness showed very good results. The results of the material expert validation obtained a percentage of 90.2% which was in the very feasible category. Media experts get a percentage of 83.3% which is in the very decent category. The practicality aspect was assessed from the responses of participating students who obtained a percentage of 89% and was supported by interview data. The effectiveness aspect was assessed from the interview data which said that video tutorials were interesting and helped students in learning. The aspect of effectiveness is supported by questionnaire data which shows that the level of student understanding has increased. Therefore, it can be concluded that the video tutorial media in the Concrete Structures II course using the SAP2000 version 22.0 program is very appropriate to use as a learning medium that supports the teaching and learning process.


Keywords


ADDIE;pengembangan; SAP2000 22; struktur beton;video tutorial; ADDIE; development; SAP2000 22; structure concrete; tutorial videos

rticle

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Allen, M. (2017). Designing Online Asynchronous Information Literacy Instruction Using the ADDIE Model. Distributed Learning, 69–91. doi:10.1016/b978-0-08-100598-9.00004-0

Andriani, I. D., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tebak Kata Pada Materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 65-71.

Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age -Second Edition (2 ed.). Tony Bates Associates Ltd

Branch, R. M, (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer New York Dordrecht Heidelberg London.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida. Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Carroll, J. M., & Thomas, J. C. (1988). Fun. ACM SIGCHI Bulletin, 19(3), 21-24.

Chen, LX, Fuller, Tobi., Mclntire, DD, & Kimberly, A. (2018). Pengantar untuk Membuka Kurikulum Keterampilan Bedah: Uji Coba Acak Menonton Video Tutorial Mandiri vs Grup. Jurnal Pendidikan Bedah,76(2), 453-458. doi: 10.1016/j.jsurg.2018.08.019.

Epriani Renat, S., Novriyanti, E., Jurusan Biologi, A., Negeri Padang, U., Pengajar Jurusan Biologi, S., & Negeri Padang Jl Hamka Air Tawar Padang, U. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bioeducation Journal, 1(1), 2354–8363.

Hidayah, Z., & Sandra, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Analisis Struktur Menggunakan Aplikasi SAP2000 Student Version. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 3 (4), 375 - 380.

Iwan, F. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. KENCANA.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85-92.

Nawangalam, Purbolaras, dkk. (2012). Belajar SAP2000 seri 2. Yogyakarta: Zamil Publishing

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Springer, Dordrecht.

Posumah, A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi, 1(6), 675–687. https:// ejurnal.unima.ac.id/index. php/edutik/article/view/3293

Rosmiati, U., & Siregar, N. (2021). Promoting Prezi-PowerPoint presentation in mathematics learning: The development of interactive multimedia by using ADDIE model. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10. 1088/1742 - 6596/1957/1/012007

Sugito. (2013). Pengembangan Media Video Tutorial Analisis Struktur Portal 3D Berbantuan Sap2000 Versi 15 (Studi Kasus) Di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(1) 1–10.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia (PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI).

Syamsunir, Ruslan, & Pattaufi. (2020). Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Mata Kuliah Produksi Media Audio Video. Jurnal E-Prints, 1(1), 1–8.

Vagg, T., Balta, J. Y., Bolger, A., & Lone, M. (2020). Multimedia in education: what do the students think?. Health Professions Education, 6(3), 325-333.

Wery, J., & Thomson, M. M. (2013). Motivational Strategies to Enhance Effective Learning in Teaching Struggling Students. Support for learning, 28(3), 103-108.

Yaumi, M. (2017). Media pembelajaran: Pengertian, fungsi, dan urgensinya bagi anak milenial.

Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran. Diakses tanggal 10 November 2022,pada http://repositori.uinalauddin.ac.id/11789/1/RAGAM%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20Dari%20Pemanfaatan%20Media%20Sederhana%20ke%20Penggunaan%20Multi%20Media.pdf




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i2.83606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.