Perbandingan Metode Federal Aviation Administration dan Software FAARFIELD dalam Menentukan Tebal Perkerasan Runway

Siti Salbiah Ristumanda

Abstract


Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang Provinsi Kalimantan Barat merupakan satu-satunya bandara di kota Ketapang sehingga menjadi pintu gerbang utama angkutan udara. Penggunaan transportasi udara di Ketapang dalam beberapa tahun ini terus meningkat sehingga diperlukan sarana dan prasarana yang memadai salah satunya ialah runway. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan panjang runway serta membandingkan perencanaan perkerasan lentur (flexible pavement) pada runway di bandara Rahadi Oesman untuk 20 tahun kedepan menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) dan software FAARFIELD. Metodologi penelitian berupa riset dan pengembangan  yang dimulai dengan studi literatur, analisis, perencanaan dan perhitungan. Hasil Analisa dengan pesawat rencana jenis B 737-300 didapatkan panjang runway sebesar 2815 m dengan tebal total sebesar 69 cm berdasarkan metode FAA, sedangkan dengan software FAARFIELD didapat tebal total sebesar 63 cm (subbase course 40 cm, base course 13, surface 10 cm). Material yang digunakan untuk subbase course adalah crushed aggregat base course, base course adalah asphalt concrete- wearing course (ac-wc) dan surface adalah asphalt hotmix.


Keywords


FAA; FAARFIELD; runway; software

Full Text:

PDF
rticle

References


Kennedy, J. (2008). Aviation English: For ICAO Compliance. Student's book. Macmillan Education. Amar, K., & Ismail, A. F. (2020). Analisis Tebal Perkerasan Runway3 pada Bandara Soekarno-Hatta Menggunakan Metode FAA. eprints.uty.ac.id. Ardy, s. F., & Supriadi, F. (2020). Perencanaan Rigid Pavement pada Apron di Bandar Udara Dewadaru Karimunjawa. Jurnal Teknologi Penerbangan, 4(1), 48-60. Huzeiren, & Dahlan, M. (2017). Analisa Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Apron Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Civronlit Universitas Batanghari, 2(2). Kurniawan. (2018). Studi Desain Perencanaan Perkerasan Sisi Udara Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Jurnal Nasional Sains dan Teknologi, 3-10. Palino, S. D., & Susilo, B. H. (2021, April). Analisis Tebal Perkerasan dan Biaya dengan Software FAARFIELD pada Landas Pacu BIJB Kertapati. Jurnal Teknik Sipil, 17(1), 01- 87. Priyanto, H., Akhmadali, & Erwan, K. (2019). Perencanaan Sisi Udara (Runway, Taxiway, Apron) Bandara Baru di Kabupaten Ketapang. JeLaAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 1-9. Purwanto, H., & Agung, S. (2019). Analisa Perencanaan Runway, Taxiway dan Apron pada Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Menggunakan Metode FAA. Jurnal Deformasi, 4(1), 24-28. Sartono, W. (2008). Analisis Pengembangan Bandar Udara Rahadi Oesman Kabupaten Ketapang. Universitas Gahjah Mada. Wahyudi, A., & Ervina, A. (2017). Analisis Perkerasan Lentur Landas Pacu Bandar Udara Juanda dengan Membandingkan Aspal Shell dengan Aspal Pertamina. Jurnal Teknik ITS, 6(2). 123dok. (n.d.). Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/77/VI/2005 Tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara. Retrieved Januari 10, 2023 from 123dok.com: https://123dok.com/document/zpx8d4vq-peraturan-direktur-jenderal-perhubungan-persyaratan-teknis-pengoperasian-fasilitas.html Badan Pusat Statistik. (n.d.). BPS provinsi Kalimantan Barat. Retrieved Januari 7, 2023 from kalbar.bps.go.id: https://kalbar.bps.go.id/subject/151/iklim.html#subjekViewTab3 BMKG. (n.d.). Prakiraan Cuaca. Retrieved Januari 11, 2023 from Info BMKG-Cuaca, Iklim dan Gempabumi Indonesia: https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=13&NamaProv=Kalimantan%20Barat Boeing. (n.d.). Boeing : Airport Compatibility- Airplane Characteristics for Airport Planning. Retrieved Januari 6, 2023 from boeing.com: https://www.boeing.com/commercial/airports/plan_manuals.page Wheather Spark. (n.d.). Iklim, Cuaca Menurut Bulan, Suhu Rata-Rata Ketapang (Indonesia). Retrieved Januari 5, 2023 from id.wheatherspark.com: https://id.weatherspark.com/y/115067/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Ketapang-Indonesia-Sepanjang-Tahun




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i1.71606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.