Desain Asrama Mahasiswa di Yogyakarta dengan Pendekatan Gaya Arsitektur Jawa dan Modern

Suryo Aji Bimantara, Chundakus Habsya, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Abstrak : Tujuan perencanaan dan perancangan ini adalah: (1) merencanakan kebutuhan ruang asrama mahasiswa di Yogyakarta, (2) merancang asrama mahasiswa di Yogyakarta dengan pendekatan gaya arsitektur Jawa dan Modern. Perencanaan dan perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data berupa informan dan arsip atau dokumen. Pengambilan sampel bersifat internal sampling dengan tujuan agar data yang diperoleh lebih representatif. Sampel informan digali dari dosen ahli bangunan, penghuni asrama dan ahli arsitektur. Berdasarkan hasil perencanaan dan perancangan disimpulkan bahwa (1) Asrama mahasiswa di Yogyakarta ini terdiri dari beberapa massa bangunan diantaranya yaitu gedung asrama, gedung serbaguna, gedung pengelola, perpustakaan, dapur bersama, mushola, dan area parkir. (2) Penerapan gaya arsitektur Jawa pada bentuk atap kampung dan joglo bangunan asrama mahasiswa sedangkan gaya arsitektur modern diterapkan dengan ekspos material beton dan bata pada dinding asrama mahasiswa.


Abstract : The purpose of this planning and design is: (1) planning the needs of student dormitory space in Yogyakarta, (2) designing student dormitories in Yogyakarta with Javanese and Modern architectural style approaches. This planning and design uses qualitative methods with data sources in the form of informants and archives or documents. Sampling is internal sampling with the aim of making the data obtained more representative. Samples of informants were unearthed from expert building lecturers, dormitory dwellers and architectural experts. Based on the results of planning and design it is concluded that (1) This student dormitory in Yogyakarta consists of several building masses including dormitory buildings, multipurpose buildings, management buildings, libraries, shared kitchens, prayer rooms, and parking areas (2) The application of javanese architectural style to the shape of the roof of the village and joglo of the student dormitory building while the modern architectural style is applied by exposing concrete and brick materials on the walls of the student dormitory.

Keywords


Kata Kunci: asrama; arsitektur; Jawa; modern; Yogyakarta Keywords : architecture; dormitory; Java; modern; Yogyakarta

Full Text:

PDF
rticle

References


Adrisijanti, Inajati. (2012). Majapahit Batas Kota & Jejak-Jejak Peradaban. Yogyakarta: Balai Arkeologi Yogyakarta

Afifuddin. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Badan Standarisasi Nasional. (2011). SNI 7330:2009. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional

BPS Provinsi D.I. Yogyakarta. (2021). Bps.go.id.https://yogyakarta.bps.g o.id/

Chiara, J. D., & Callender, J. H. (1983). Time Saver Standards for Building Types. Singapore: McGrawHill Book Company.

Chiara, J. D., & Crosbie, M. J. (2001). Time Saver Standards for Building Types (Fourth Edition). Singapore: McGraw-Hill Companies.

Ching, Francis D.K. (1979). Arsitektur: Bentuk-Ruang dan Susunannya, Jakarta: Erlangga.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dan Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif.: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Keppres No. 41 Tahun 1981. (1981). Pembangunan Asrama Mahasiswa Untuk Perguruan Tinggi Di Seluruh Indonesia. https://www.bpk.go.id

Statistik Pendidikan Tinggi. (2017). http://kopertis3.or.id/v5/wpcontent/uploads/Buku-Statistik- PendidikanTinggi-2017.pdf

Neufert, Ernst. (1996) . Data Arsitek (Jilid 1). Jakarta: Erlangga

Neufert, Ernst. (1989). Data Arsitek. Jakarta: Penerbit Erlangga

Nirmala, I., & Attamimi, A. N. R. (2016). Statistik Pendidikan Tinggi 2014/2015. Jakarta: PDDIKTI Kemenristekdikti.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v8i2.70887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.