Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar Siswa: Studi Kasus pada Siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan
Abstract
Abstrak:Beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik, seperti mudah putus asa pada saat menjalani kesulitan belajar, dan tidak rajin dalam mengerjakan tugas yang telah dibagikan guru. Persoalan lain adalah kemampuan guru dalam beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh secara daring yang melibatkan beragam teknologi. Melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan bentuk kendala yang dihadapi dan upaya penyelesaian masalahnya. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber data dan data dianalisis secara interaktif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Model pembelajaran berupa penugasan dan Problem Based Learning selama pembelajaran daring menimbulkan dampak kepada peserta didik; (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar peserta didik berasal dari faktor eksternal dan faktor internal; (3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi peserta didik dengan motivasi rendah adalah dengan mengingatkan dan menceritakan perihal cerita sukses kakak tingkat mereka, serta melalui pendekatan personal.
Abstract:Some of the obstacles in implementing distance learning are the lack of student motivation to learn, such as easily giving up when experiencing learning difficulties, and not being diligent in doing the tasks that have been assigned by the teacher. Another problem is the ability of teachers to adapt to online distance learning that involves a variety of technologies. Through a qualitative descriptive research approach, this study aims to formulate the form of obstacles faced and efforts to solve the problem. In this study, data were collected through interviews, questionnaires, observation, and documentation. Data validation used triangulation of data sources and data were analyzed interactively. From this research it can be concluded: (1) learning models in the form of assignments and Problem Based Learning during online learning have an impact on students; (2) The factors that influence the level of students' learning motivation come from external factors and internal factors; (3) The efforts made by the teacher to overcome students with low motivation are by reminding and talking about the success stories of their seniors, as well as through a personal approach.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Embo, e. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.
Habie, R. S. (2018). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Berbasis Easy Adjustment Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta.
Irmalia, A. S. (2011). Motivasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi: sebuah kajian pada interaksi pembelajaran mahasiswa. Jurnal Mahasiswa, (1), 100–109.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Tahun 2015, Vol. 1 No.(83), 1-11.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v8i1.68041
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.