Learning Management System untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0

Efraim Ronald Stefanus Moningkey, Mochamad Bruri Triyono, Priyanto Priyanto

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangakan aplikasi pembelajaran Learning management system berbasis android untuk digunakan mempelajari kemampuan TIK bagi masyarakat yang dapat diakses gratis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki smartphone android dan ingin mengetahui atau mempelajari kemampuan TIK dalam bidang jaringan computer, rekayasa perangkat lunak, dan multimedia. Teknik pengembangan menggunakan pengembangan aplikasi android berbasis web. Metode pengembangan system menggunakan metode prototype yang memudahkan interaksi antara pengembang dengan pengguna dan dapat dilakukan dengan cepat. Hasil penelitian adalah aplikasi LMS berbasis android yang dapat digunakan dengan gratis dan diakses dimana saja, kapan saja selama ada koneksi internet. 

Abstract: The purpose of this research is to develop a learning application for an Android-based learning management system to be used to learn ICT skills for the community that can be accessed for free. This research is a development research. The subjects of this research are people who have android smartphones and want to know or learn ICT skills in the fields of computer networks, software engineering, and multimedia. The development technique uses android web-based application development. The system development method uses a prototype method that facilitates interaction between developers and users and can be done quickly. The result of the research is an Android-based LMS application that can be used for free and can be accessed anywhere, anytime as long as there is an internet connection.

 



Keywords


android; LMS; revolusi

Full Text:

PDF
rticle

References


Baskoro, Arya. (2017). Peluang, Tantangan, Dan Risiko Bagi Indonesia Dengan Adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN - Kompasiana.Com.https://www.kompasiana.com/crmsindonesia/58e1d239ed9273b744d68196/peluang-tantangan-dan-risiko-bagi-indonesia-dengan-adanya-masyarakat-ekonomi-asean. Diakses pada 26 November 2019.

Borg & Gall. (2003). Education Research. New York, USA: Allyn and Bacon.

BPS. (2019). Februari 2019: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,01 Persen. Retrieved https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html. Diakses pada 26 November 2019.

BPS. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 6,26 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html. Diakses pada 9 Oktober 2021.

Fadhilah, Anang. (2018). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Dianggap Masih Buruk - Kumparan.Com. https://kumparan.com/banjarhits/ugm-literasi-digital-di-masyarakat-indonesia-masih-buruk. Diakses pada 15 Januari 2020.

Faisal, and Tri. (2018). SMK Tidak Boleh Lagi Buka Jurusan Komputer Jaringan - Poskota News. https://poskotanews.com/2018/08/16/smk-tidak-boleh-lagi-buka-jurusan-komputer-jaringan/. Diakses pada 27 November 2019.

Gregory, Terry, Anna Salomons, and Ulrich Zierahn. (2019). “Racing With or Against the Machine ? Evidence from Europe Racing With or Against the Machine ? Evidence from Europe.” IZA DP 2019(12063).

Haryanto, Agus Tri. (2019). Pengguna Internet Indonesia Didominasi Milenial. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4551389/pengguna-internet-indonesia-didominasi-milenial. Diakses pada 3 Desember 2019

Indeed.com. (2019). Smk Teknik Komputer Jaringan Jobs - November 2019 | Indeed.Com. https://id.indeed.com/lowongan-kerja-Smk-Teknik-Komputer-Jaringan?vjk=7428fe7521f83df6. Diakses pada 27 November 2019.

Mayes, T., and C. Fowler. (2006). Learners, Learning Literacy and The Pedagogy of E-Learning”, Digital Literacies for Learning. London.

Pitoko, Ridwan Aji, and Bambang Priyo Jatmiko. (2018). 57 Persen Pekerjaan Sekarang Akan Tergerus Revolusi Industri4.0. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/16/210000326/57-persen-pekerjaan-sekarang-akan-tergerus-revolusi-industri-4.0. Diakses pada 27 November 2019.

Pratomo, Yudha. (2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa. Diakses pada 3 Desember 2019.

Roger S., Pressman. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). 7th ed. Yogyakarta: Andi.

Rosyadi, S. (2018). Revolusi Industri 4.0 : Peluang Dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

Schawab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: Pnguin.

Sommer, Lutz. (2015). “Industrial Revolution - Industry 4.0: Are German Manufacturing SMEs the First Victims of This Revolution?” Journal of Industrial Engineering and Management 8(5):1512–32. doi: 10.3926/jiem.1470.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim GLN Kemendikbud. (2017). “Materi Pendukung Literasi Digital.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 43.

Yusuf. (2019). “Kementerian Komunikasi Dan Informatika.” Dari Bonus Demografi, Digital Talent Scholarship, Hingga Palapa Ring. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16370/dari-bonus-demografi-digital-talent-scholarship-hingga-palapa-ring/0/artikel. Diakes pada 26 November 2019.

Zhou, Keliang, Taigang Liu, and Lifeng Zhou. (2016). “Industry 4.0: Towards Future Industrial Opportunities and Challenges.” 2015 12th International Conference on Fuzzy Systems and Knowledge Discovery, FSKD 2015 2147–52. doi: 10.1109/FSKD.2015.7382284.

Zubaidah, Neneng, Syarifuddin, Oktiani Endarwati, Ichsan Amin, dan Suharjono. (2019). SMK Harus Ikuti Perkembangan Industri. https://nasional.sindonews.com/read/1413093/144/smk-harus-ikuti-perkembangan-industri-1560993030. Diakses pada 26 November 2019.





DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v8i1.68036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.