MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Alfiani Nur Ramadani, Roemintoyo Roemintoyo, Taufiq Lilo Adi Sucipto Lilo Adi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Group Investigationdengan media video pembelajaran serta mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah siswa kelas XI program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK di salah satu SMK Negeri di Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Sumber data penelitian ini berasal dari arsip, dokumen, siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang berupa pengumpulan data, sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian menggunakan model spiral yang berkaitan mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh ketuntasan siswa pada tahap pra siklus adalah sebesar 35,29%, meningkat menjadi 82,35% pada tahap siklus I, kemudian meningkat menjadi 88,23% pada tahap siklus II. Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus adalah 39,5 mengalami peningkatan menjadi 78,82 pada tahap siklus I dan meningkat menjadi 85,29 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan hasil prestasi siswa sudah mencapai target peneliti yaitu lebih dari 75% siswa mencapai batas ketuntasan minimal yaitu ≥76. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan video pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.


Abstract: This study aim to : 1) Describe the application of Group Investigation combining learning videos model on Creative Product And Entrepreneurship Subject in Building Design Department of one of Surakarta Vocational High School; 2) Find out about student's achievement on Creative Product And Entrepreneurship Subject in Building Design Department. This study was a classroom action research. The subject is student of The Second Grade Of Modeling Design And Building Information Department of the school. Source of the data comes from archives, documents, students and the teacher. The data gathering techniques were observation, examination results, interview and documentation. The data validity used data triangulation. The data analysis used interactive analysis technique of gathering data, serving data, reducing data and deduction. This study used a spiral model showing the relation of each cycle. Due to the result of the study, obtained student’s achievement in pra-cycle is 35,29%, increase into 82,35% in first cycle, then increase into 88,23% in second cycle. The average number in pra-cycle is 39,5 increase into 78,82 in first cycle, then increase into 85,29 in second cycle. So it can be conclude that student achievement reached the researcher’s target. The target is if 75% of students reach the minimum score ≥76. The conclusion of this study is the application of learning model group investigation combining with learning video can improve student learning achievement on the subject.

Keywords


Kata kunci : group investigation, prestasi belajar, video pembelajaran

Full Text:

PDF
rticle

References


Aris Shoimin. (2014). Model Pebelajaran Inovatif Dalam Kurikulum. Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Arsyad Azhar. (1997). Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Atchoarena D. (2009). Issues And Options In Financing Technical And Vocational Education And Training. Dordrecht, Netherlands : Springer.

Bruce Joyce Dan Marsha Weil. (1986). Models Of Teaching. New Jersey, United States:Prentice Hall.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Retno, Parno, Muhardjito. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Malang : Tidak Diterbitkan.

Rusman.(2012). Model Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru(Seri Manajemen Sekolah Bermutu PGSD 2012). Jakarta : Rajawali Pers.

Saputra, Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sholihatin Dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Wibawa Basuki, Dan Mukti Farida. (2001). Media Pengajaran. Surakarta : CV Maulana.




DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v7i1.60725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.