ANALISIS TINGKAT LAYANAN JALAN BERDASARKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997 SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH DASAR-DASAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN (STUDI KASUS JALAN KYAI MOJO, SURAKARTA TAHUN 2019)

Destiya Nur Khasanah, Eko Suprimurtiono, Sri Sumarni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat layanan jalan Kyai Mojo tahun 2019 berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan menentukan solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Kyai Mojo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil analisis data digunakan untuk menentukan solusi mengatasi kemacetan di jalan Kyai Mojo, Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat layanan jalan Kyai Mojo tahun 2019 berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 berada pada tingkat layanan E. Tingkat layanan E berarti kondisi arus tidak stabil, kapasitas penuh, dan terkadang kecepatan terhenti. Manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di jalan Kyai Mojo yaitu
Transport Demand Management (TDM) dengan cara membuat jalur khusus kendaraan tak bermotor di
luar jalur lalu lintas selebar 2 meter dan memasang rambu lalu lintas berupa traffic light.


Keywords


Tingkat layanan jalan, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, Manajemen lalu lintas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v6i1.53697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.