IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS SOAL UJIAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH

Anggit Resti Wahyuni, AG Thamrin, Aryanti Nurhidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi HOTS pada soal ujian DasarDasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah Kelas X salah satu SMK di Boyolali. Penelitian
ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah
dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan
Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi HOTS pada soal ujian
semester genap dan soal pada RPP mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik
Pengukuran Tanah tidak sesuai dengan karakteristik HOTS dengan nilai persentase untuk soal ujian
sebesar 22,5% dari 40 soal, sedangkan pada soal RPP sebesar 7,32% dari 41 soal. Berdasarkan kaidah
penulisan soal aspek materi, konstruksi dan bahasa pada soal ujian semester genap dan soal RPP
berkualitas baik, untuk soal ujian nilai persentase aspek materi sebesar 81% sesuai, aspek konstruksi
95% sesuai, dan aspek bahasa sebesar 99% sesuai, sedangkan soal RPP nilai persentase aspek materi
sebesar 70% sesuai, aspek konstruksi 98% sesuai, dan aspek bahasa sebesar 98% sesuai. Pada data
pendukung berupa tanggapan siswa mengenai soal yang disusun guru juga memperoleh hasil yang
baik.


Keywords


Dasar-dasar Konstruksi Bangunan, Teknik Pengukuran Tanah, Higher Order Thinking Skills

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i2.43480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.