STUDI KESESUAIAN RUANG BENGKEL KERJA KAYU PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI KAYU BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 40 TAHUN 2008 DI SMK N 5 SURAKARTA

Kurnia Aprilliany, Roemintoyo Roemintoyo, Sukatiman sukatiman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian ukuran luas bengkel
kerja kayu berdasarkan Permendiknas No. 40 Tahun 2008, meninjau tata letak peralatan
dan perabotan di ruang bengkel kerja kayu mesin terkait dengan alur kerja praktik yang
sistematis, dan mengetahui kenyamanan pengguna dengan desain ruang bengkel kerja
kayu yang ada. Hal ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ruang bengkel kerja
kayu agar memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder, dengan
teknik pengambilan sampel berupa snowball sampling. Sedangkan metode pengumpulan
data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan model analisis interaktif dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah
(1) Luas bengkel kerja kayu belum memenuhi standar Permendiknas No.40 Tahun 2008,
karena jumlah peserta didik yang menggunakan ruang bengkel kayu melebihi kapasitas
yang tercantum; (2) Tata letak peralatan dan perabotan di ruang bengkel kerja kayu belum
sesuai dengan alur kerja praktik, dikarenakan terdapat kegiatan yang dilakukan diluar
ruang bengkel sehingga membuat pekerjaan seperti sudah sesuai dengan alur kerja praktik
kayu; (3) Desain ruang dan tata letak peralatan/perabotan belum memberikan kenyamanan
bagi penggunanya, dan dalam aspek ketinggian meja kerja pada mesin sudah dirasa
nyaman.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.