PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB SMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

Euis Lailatul Fauziah, Ernawati Sri Sunarsih, Budi Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan keaktifan
belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan
Gedung. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan Gedung. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Project
Based Learning pada kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali. Data penelitian
ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan tes evaluasi. Penelitian ini
menggunakan analisis data secara statistik deskriptif untuk menilai hasil
pembelajaran yang kemudian ditarik kesimpulan sebagai akhir proses penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Project
Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dari setiap siklus, yaitu
dengan persentase sebesar 9,09% pada pra siklus menjadi 27,27% pada siklus I, dan
kemudian kembali meningkat menjadi 63,63% pada siklus II (2) Penerapan model
pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor yaitu dilihat pada peningkatan hasil nilai
siswa dari tahap pra siklus, siklus I, dan Siklus II. Persentase pada ranah Kognitif
yaitu dari 9,09% pada tahap Prasiklus menjadi sebesar 59,1% pada Siklus I, dan
kemudian kembali meningkat menjadi 72,73% pada Siklus II. Pada ranah Afektif
dengan kriteria lebih dari sama dengan (≥) baik yaitu dari 9,09% pada Prasiklus
menjadi 27,27% pada Siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 63,64%
pada Siklus II. Sedangkan pada ranah Psikomotor dengan kriteria lebih dari sama
dengan (≥) baik yaitu dari 9,09% pada Prasiklus menjadi sebesar 22,73% pada
Siklus I, dan kemudian kembali meningkat menjadi 81,82% pada Siklus II.


Keywords


Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar, Gambar Interior Dan Eksterior Bangunan Gedung

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v5i1.34594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal Of Civil Engineering Education



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.